04 May 2010

ah bapak ada-ada saja

Semalam saya tidur agak malam. Menemani Fariha yang agak rewel. Mungkin sedang tidak enak badan. Nangis terus tapi tidak mau saya gendong. Kasihan Umi. Akhirnya sekitar jam duabelasan Fariha tertidur. Letih mungkin. Esoknya setelah solat subuh saya tidur lagi. Yang ini jangan ditiru. Masih ngantuk habis begadang. Untung kuliah masuknya agak sore. Jam setengah empat. Akuntansi manajemen.


Bangun saat jam telah menunjukkan pukul delapan pagi lebih sedikit. Lama juga saya tertidur. Umi belum pergi belanja. Saya pun menemani. Niat sekalian beli koran. Didepan masjid ngeliat orang ramai.
"Loh kok didepan masjid rame banget buya? apa ada yang meninggal?"
"Kalo ada yang meninggal biasanya diumumin pake pengeras suara dari masjid. Keliatannya bukan, Lagian juga banyak pake kostum aremania. Mungkin arema hari ini tading."
Tak lama kemudian dateng seseorang naik motor. Langsung dikerubuti sama aremania yang tadi duduk-duduk disamping masjid. Bawa tiket mungkin. Saya ga ikut-ikutan. Cuma ngeliatin aja.



Istri sedang belanja sayur. Saya izin istri jalan kedepan. Sama Faaiz. Mau beli koran tadi. Yang jual koran adanya didepan. Bukan dibelakang. Soalnya kalo yang jual koran dibelakang, saya ga enak. Masa harus izin kebelakang? Istri mengizinkan. Jalanlah kami kedepan. Sekitar 2 meter sebelum sampe kedepan. Tepatnya didepan tukang sayur. Yang ini beda dengan yang jualan sayur tempat istri saya tadi belanja. Kalo saya hitung disepanjang lorong ini ada sekitar 4 ibu-ibu yang jualan sayur. Ternyata didepan ibu penjual sayur didepan, sudah ada ibu yang lain. Siapa ibu ini? Ialah istrinya bapak. Bapak yang mana? Bapak yang jual koran didepan. Si ibu tersenyum kepada saya. Saya pun membalas.
"Wah korannya udah habis mas."
"Udah habis ya bu?" sambil mikir kalo si ibu masih sodaranya ki jaka beda. bisa tau kalo saya mau beli koran. Kan saya belum bilang.
"Iya nak, tadi korannya ga banyak cuma sedikit, langsung habis."
"Oh iya bu gapapa. Mari bu"
Balik lagi ketempat Umi. Trus pulang abis belanja. Aremania masih rebutan ngantri tiket. Saya sama istri cuma ngeliatin trus pulang.


Sebelum mandi, saya nyuci pakaian dulu. Mumpung pagi-pagi ada dirumah. Olahraga. Lumayan mengurangi tumpukan kelenjar. Abis nyemur pakaian, mandi, solat zuhur dan makan. Saya istrirahat. Niat mau ngerjain peer. Akuntansi Keuangan II alias inter 2. Ada 3 nomor yang harus diselesaikan. Baru dapet satu nomer, si ayuk datang. kucluk-kucluk-kucluk...
"He......" Fariha tersenyum melihat saya.
"He......" saya tersenyum melihat Fariha.
"'ya, ni.. po...? sambil menunjuk kalkulator.
"kalkulator"
"a'ku'ator"
"ya"
"ni.. ena.." sambil nunjuk pulpen.
"yo pena"
"ni'po?" nunjuk tip ex.
"tip ex."
tidak butuh waktu lama bagi fariha untuk menemukan keasikan bermain tip ex. ditambah kalkulaktor. Jadilah kalkulator penuh tip ex. Ada dua pilihan. Menyelesaikan peer atau nemenin ayuk main. Ya jelas lah, saya nemeni ayuk main. Peer, cemilan apa itu? Kalo kata Fariha, abis cemilan ya cepuluh.


Jam tiga kurang seperempat saya mulai bersiap-siap. Berangkat kuliah. Nungguin Uje biar bareng. Nebeng. Kan Uje punya motor. Saya tidak punya malu. Jadilah tiap hari saya nebeng. Makasih Uje. Sebelum Uje datang, saya solat dulu. Asar.


Sesampai di kampus, saya telat satu menit. Bapaknya udah masuk. Mau duduk didepan. Yang duduk disamping kursi bilang, "ada orangnya mas". Saya kaget, jangan-jangan ada hantu yang tidak bisa saya lihat. Untung otak saya masih jalan. Maksudnya ini kursi udah diboking sama orang lain. Jadilah saya duduk dibelakang.


Akmen kali ini belajar mengenai menghitung bunga. Keliatannya untuk pertama kalinya. Si bapak dosen bilang kalo ada pendapat yang mengatakan bunga itu haram. Bunga Bank, bukan BCL. Bunga Citra Lentera. Dia cerita kalo dia dulunya termasuk orang yang saklek mengatakan kalo bunga itu haram. Tapi setelah belajar akuntansi. Dia berubah pikiran. Jadi punya alasan untuk mempraktekkan bunga. Begitu katanya kalo saya tidak salah. Soalnya tadi saya duduk paling belakang jadi ga begitu jelas ngedengernya. Itu yang gw tangkep. Ah bapak ada-ada saja. Seharusnya jangan begitu. Tadi saya perhatiin waktu bapak bilang soal bunga, hujan turun. Waktu bapak bilang alasan untuk mempraktekkan bunga, ada kilat dan petir. Mungkin ga ada yang merhatiin selain saya. Bukan apa-apa, saya takut Allah marah. Bunga itu riba, riba itu haram. Jangan kan dipraktekkan, didekati saja haram. Begitu kata Allah. Bukan kata saya. Saya sih ga perlu mempertanyakan apapun. Allah tau apa yang terbaik bagi kita. Karena kita mahluk dan Dia Allah.


Pulang jam 7.30. ada asistensi dulu sebelum pulang. Sama mas vidi. Selesai saya pulang, masih sama uJe. Ah Fariha beneran flu. Faaiz juga. Eka juga. Saya juga. Faaiz dan Fariha rewel. Sekarang udah pada tidur. Barusan. Semoga semua cepat berlalu.

Ya Allah berikanlah kami yang terbaik. Ridhoilah kelarga kami dan jadikanlah kami ridho atas segala ketetapanmu. Amin...


No comments:

Post a Comment