18 April 2010

1. Latar Belakang
Menjamurnya lapangan futsal di setiap daerah di Indonesia menjelaskan betapa tingginya animo masyarakat terhadap olahraga futsal. Permintaan masyarakat akan perlengkapan dan aksesoris futsal yang meliputi sepatu, kaos kaki, kaos olahraga, dan sebagainya semakin tinggi dan tak terelakkan. Jaminan kualitas dan harga yang bersaing akan menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen dalam membeli aneka perlengkapan dan aksesoris futsal.

Kemudahan juga menjadi satu alasan konsumen dalam membeli sebuah produk. Teknologi sudah bukan lagi menjadi kebutuhan mewah yang pemenuhannya dapat ditekan sedemikian rupa. Teknologi merupakan kebutuhan primer terkait dengan derasnya arus informasi yang melanda dunia. Di lingkungan bisnis, teknologi dapat memberikan bantuan yang signifikan dalam pengembangan suatu perusahaan. Media internet dapat menjadi satu jalan yang sangat potensial dan efektif dalam mempromosikan berbagai produk bisnis yang nantinya akan meningkatkan keuntungan perusahaan tersebut. Pemanfaatan teknologi dalam pelaksanaan bisnis inilah yang kita kenal dengan nama e-commerce.
Perpaduan antara bisnis yang menarik dan e-commerce yang terorganisir dengan baik akan membentuk sebuah perusahaan e-commerce yang kompetitif dalam menghadapi persaingan usaha. Sebuah metode memasarkan produk kepada konsumen tanpa keterbatasan jarak dan waktu. Konsumen dapat melihat produk yang ditawarkan darimana saja dan kapan saja. Perusahaan menjadi lebih efisien dalam memasarkan produk, mengurangi beban operasional dari perusahaan dan tentu saja pada akhirnya akan dapat meningkatkan laba perusahaan dan membuat produk menjadi sangat kompetitif dari segi harga dengan tidak mengurangi kualitas dari produk yang ditawarkan kepada konsumen.
2. Visi dan Misi Organisasi
Visi dari perusahaan adalah untuk menjadi perusahaan e-commerce terbaik di bidangnya. Sedangkan misi dari perusahaan adalah memberikan produk perlengkapan futsal yang berkualitas dan dengan harga yang lebih terjangkau.
3. Struktur Organisasi
Photobucket
4. Konsep E-Commerce Perlengkapan Futsal
Penjualan produk berbagai perlengkapan futsal dilakukan melalui media internet yang semakin menjadi incaran para pelaku bisnis dalam memasarkan produk maupun mencari produk dengan alamat www.futsalcrazy.com. Calon konsumen dapat melihat dan memilih katalog produk yang akan dibeli. Website ini juga akan memiliki customer service yang akan menjawab seluruh pertanyaan-pertanyaan calon konsumen melalui chat seputar produk yang akan dibeli. Selain itu juga karena berhubungan dengan olahraga sepakbola, maka situs ini juga akan memuat kilasan-kilasan berita terbaru dari olahraga sepakbola baik dalam maupun luar negeri. Web secara singkat memiliki struktur menu sebagai berikut :
  • Home
Pada menu ini, pengunjung dapat melihat berbagai macam perlengkapan futsal terbaru yang dimiliki oleh www.futsalcrazy.com. Katalog produk juga dilengkapi dengan spesifikasi produk dan daftar harga sehingga memudahkan pengunjung untuk mengambil keputusan.
  • Kategori
Menu ini menampilkan beberapa list produk berdasarkan kategori produk. Kategorinya terdiri dari sepatu, kaos olahraga, serta lain-lain yang tidak termasuk ke dalam dua kategori sebelumnya.
  • Lelang
Menu ini menampilkan beberapa produk yang dijual dengan sistem lelang penawaran tertinggi.
  • Hubungi Kami
Menu ini menampilkan kontak yang dapat dihubungi, baik untuk pemesanan maupun dalam hal layanan lain.
5. Mekanisme Pembelian, Pembayaran, dan Pengiriman Barang
Photobucket
  • Mekanisme Pembelian

Konsumen dapat langsung membeli produk dengan mengunjungi alamat website www.futsalcrazy.com. Disini konsumen dapat langsung melihat produk yang ingin dibeli. Pembelian produk dapat dilakukan melalui pesanan melaui form pesanan. Form ini akan otomatis muncul apabila konsumen melakukan pesanan produk dengan mengklik ikon ”beli” pada setiap produk. Selanjutnya konsumen diminta untuk mengisi data-data yang diperlukan dalam pembelian produk.
  • Mekanisme Pembayaran

Konsumen dapat memilih dua macam pembayaran yang kami sediakan dalam mekanisme pembayaran. Yang pertama adalah konsumen langsung membayar ketika barang diterima. Pembayaran dilakukan secara tunai kepada pegawai kami yang mengantar barang. Akan diberikan nota pembelian sebagai bukti pembayaran yang sah. Cara yang kedua yaitu konsumen dapat mentansfer sejumlah uang seharga barang yang dibeli ke nomor rekening yang telah disediakan. Produk akan diantar ke konsumen apabila konsumen telah mengirim bukti transfer ke email perusahaan. Setelah menerima bukti transfer, produk akan langsung diantar oleh bagian distribusi perusahaan langsung ke alamat konsumen.
  • Mekanisme Lelang

Konsumen dapat memperoleh barang yang dilelang dengan terlebih dahulu mengisi form pendaftaran lelang yang telah disediakan pada menu lelang yang ada pada website. Setelah itu, konsumen dapat mengisi nominal harga barang yang akan dibeli sesuai dengan keinginan. Apabila telah sampai batas waktu yang telah ditentukan maka produk akan diberikan kepada konsumen yang melakukan tawaran tertinggi atas barang yang dilelang.
6. Kesimpulan
Masa telah memasuki era teknologi informasi yang semakin terbuka. Persaingan usaha yang semakin kompetitif membuat manajemen harus berupaya ekstra keras untuk menghasilkan inovasi-inovasi yang mampu meningkatkan laba usaha. Salah satu hal yang dapat meningkatkan penjualan adalah dengan memanfaatkan teknologi dalam hal ini media internet untuk memasarkan produk. Dengan menggunnakan e-commerce, maka perusahaan dapat memasarkan produk tanpa dibatasi jam kerja ke wilayah-wilayah yang tak terbatas. Penggunaan e-commerce juga akan menurunkan beban operasional perusahaan sehingga akan menghasilkan produk yang sangat bersaing dalam hal harga namun juga tidak mengesampingkan kualitas dalam produk yang dipasarkan. Hal ini lebih lanjut akan membantu dalam mencapai tujuan perusahaan sehingga apa yang menjadi visi dan misi perusahaan akan dapat diraih dengan menjadi perusahaan e-commerce terbaik di bidang perlengkapan futsal dan tidak menutup kemungkinan untuk terus mengembangkan bisnisnya.

No comments:

Post a Comment