26 June 2008

Adalah Maha Karya Terbesar Abad Ini

Di postingan gw sebelumnya, gw cerita mengenai pindahan. Dan pindah rumah, jelas ga langsung ngangkut-ngangkut barang buat mindahin kerumah baru kan? Ada proses disana. Ada kegiatan nebas hutan di belakang rumah, bersih-bersih rumah, buat seng penutup dapur, ngecet dapur yang gw ubah jadi kamar, nampal lantai semen yang bolong-bolong soalnya kadang ada makhluk-makhluk aneh binti ajaib yang keluar dari sana, kasian bini gw yang bakalan sering teriak-teriak ga jelas kalo lubangnya ga ditutup. Trus kasian anak gw yang masih dalam kandungan kalo ikut-ikutan kaget gara-gara maknya hehehe…

Nah… gw beres-beres itu pasti butuh bahan-bahan materiil (dan uang tentunya). Setelah gw selesai sama rumah, ternyata ada sedikit sisa-sisa materiil yang sayang kalo dibuang gitu aja. Mengingat uang yang keluar akibat pengadaan barang-barang tadi, sontak gw mikir (mikir???), bagusnya dibikin apa ya…? Akhirnya setelah gw melakukan diskusi yang lumayan seru sama bini gw (sebenernya sih emang gw yang pengen bikin, bini gw cuma nurut aja), diputuskan bahwa gw bakalan bikin rak buku. Dan tentu saja dengan pedenya gw bilang ke bini gw (berdiri dengan angkuh sambil menunjuk keatas dengan dilatar belakangi sinar yang ga jelas asal-usulnya sementara sayup-sayup terdengar suara musik jengjengjeng!!!) kalo rak buku buatan gw akan jadi sebuah masterpiece, maha karya terbesar abad ini hehehe…

Dulu gw beranggapan bahwa kualitas seorang laki-laki dinilai dari kerja keras serta ketrampilannya dalam hal-hal kecil di rumah seperti paku memaku, bongkar-membongkar, tebas menebas, dan lain sebagainya (mungkin karena dulu jenderal panutan gw sering melakukan hal-hal kecil tadi dirumah jadi kebawa sama gw sampe sekarang). Salah satunya adalah ngebuat rak buku itu tadi. Sebenernya bini gw sih bilang kalo sebaiknya rak bukunya beli aja yang plastik daripada capek-capek buat. Mendengar bini gw ngomong gitu, semangat gw semakin terlecut! Darah gw semakin terbakar! Gw akan ngebuktiin ke bini gw kalo laki-laki yang ia nikahi bukan laki-laki biasa (jadi inget siti nurhaliza bukan cinta biasa...............a.......a.......a.......). Gw sadar kalo bini gw bilang gitu ga bermaksud apa-apa cuma ga pingin gw capek trus sakit. Tapi alam bawah sadar gw menterjemahkannya sebagai keraguan dari bini gw kalo gw akan bisa ngebuat rak buku. Dan gw bisa memahami soalnya beberapa waktu lalu pas belum pindah gw juga pernah bilang kalo akan bikin jemuran dan hasilnya nihil hehehe…

Sejak saat itu setiap hari sabtu-minggu, gw pun mulai menyusun planning buat membuat sebuah maha karya tadi. Tapi karena gw minder, takutnya udah sibuk-sibuk eh ternyata rak buku bikinan gw ga sesuai yang diharapkan, bukan sesuatu yang patut dibanggakan (dan seringnya emang gitu) gw mengambil sebuah keputusan bijak. Gw beraktivitas dibelakang rumah, (ketutup seng yang gw bilang tadi) biar aman dari jangkauan mata tetangga-tetangga hehehe…

Klotak…klotak…. (suara gw maku), sekkesekkesekkesekke… (suara gw ngegergaji), hahahahaha…. (suara jin sedang ngetawain gw). Pokoknya gw serius banget. Ga ada kata menyerah. Bini gw sampe senyum-senyum aja ngeliatin gw. Kembali alam bawah sadar gw menterjemahkannya sebagai keraguan atas kapasitas gw. Dan semangat gw kembali terlecut! Darah gw semakin terbakar!. Akhirnya setelah berminggu-minggu dikerjakan, dengan mengingat-ingat transfer ilmu yang gw dapatkan dari Dia Yang Merupakan Anugerah Terbesar KPPN Sintang, selesai sudah kerja keras gw.

Namun belum sempat melakukan penyelesaian akhir dengan melakukan pengecatan, karya gw terlihat oleh ibu angoi. Dan tanpa ada sedikit prolog, beliau langsung nanya,

”mo bikin rak sepatu mas?”



terlihat jutaan tombak meluncur dari berbagai arah yang langsung menghujam jantung gw, jlzeeeep… (suara tombak tadi)



dan kemudian otak sama bibir gw seperti kehilangan konektivitasnya. Otak gw bilang kalo rak itu buat buku bukan buat sepatu, cuma bibir gw hanya membentuk seringai yang gw artiin sebagai senyum. Senyum kepaksa kali ya (bisa dibayangin kan?)

Tapi gw jelas ga patah semangat kan. Malah semangat gw kembali terlecut! Darah gw semakin terbakar! (capede…) Esoknya gw langsung mengambil kuas dan langsung mengecat rak tersebut.

Selesai sudah misi gw ngebuat rak buku. Begitu bini gw liat, ada pancaran sinar dimatanya. Pancaran yang gw ga tau apa artinya hanya ketika gw melihatnya, ada aura kesejukan di hati.



Dan pada akhirnya, hanya itu yang gw butuhkan…

No comments:

Post a Comment