15 March 2016

Mengatasi Kesalahan Input NTPN pada Konfirmasi Penerimaan Melalui Aplikasi OMSPAN

Setelah menjalani tahun kelima di Seksi Pencairan Dana dan Manajemen Satker, saya akhirnya dipindah ke Seksi Bank KPPN Pelaihari. Sudah saatnya, saya membutuhkan tantangan baru dalam bekerja. Di Seksi PD saya sudah mencapai titik jenuh hingga otak saya perlu di refresh dengan pengalaman baru yang seharusnya dapat membuat saya kembali bergairah menjalani pekerjaan.

Salah satu pekerjaan baru saya di Seksi Bank adalah melakukan konfirmasi penerimaan negara. Konfirmasi merupakan bukti sahih bahwa setoran penerimaan negara telah masuk ke rekening kas negara. Satker  diharuskan untuk mengisi data berupa kode NTPN, kode billing, kode akun, dan nominal setoran pada aplikasi konfirmasi. Data softcopy berupa ADK diserahkan ke KPPN untuk dilakukan konfirmasi atas setoran tersebut.

Yang menjadi titik permasalahannya adalah satker seringkali salah melakukan input kode NTPN sehingga KPPN tidak dapat melakukan konfirmasi atas setoran tersebut sebagaimana terlihat pada gambar di bawah ini

Salah satu sebab kesalahan input kode NTPN adalah karena kode NTPN yang tertera pada cetakan setoran tidak terbaca sempurna. Bisa karena jarum printer dotmatrix yang digunakan sudah lama tidak diganti, atau karena pita tinta yang masih betah bersemayam padahal sudah saatnya untuk lengser.

Untuk mengatasi kesalahan input kode NTPN, satuan kerja dapat menggunakan aplikasi OMSPAN dengan user dan password yang telah dimiliki masing-masing satker.

Langkah pertama, buka aplikasi OMSPAN di alamat spanint.kemenkeu.go.id kemudian isikan user dan password masing-masing satker, lalu klik masuk.
Akan muncul halaman awal aplikasi OMSPAN. Klik menu pada pojok kiri atas halaman awal.

Pada menu tersebut klik "Modul Penerimaan" lalu klik submenu "Konfirmasi Penerimaan".

Halaman konfirmasi penerimaan akan terbuka. Anda diminta untuk mengisi kode NTPN dan kode billing atau salah satu saja.
Anda dapat mencoba memasukkan kode NTPN untuk mengetahui apakah kode NTPN yang anda masukkan telah sesuai dengan cetakan NTPN yang tertera pada setoran. Atau jika kode billing dapat lebih terbaca jelas, anda dapat memasukkan kode billing lalu klik terapkan filter.

Langkah selanjutnya tinggal menginput kode NTPN tersebut ke aplikasi konfirmasi. Jika kode NTPN atau kode billing yang anda input benar, maka akan muncul tampilan seperti ini.

Untuk meminimalisir kesalahan input, anda dapat melakukan blok pada kode NTPN yang benar lalu melakukan copy-paste kode NTPN pada aplikasi konfirmasi.

No comments:

Post a Comment