23 February 2009

Sebuah Apresiasi Tinggi untuk TVOne

Gw pengen nulis ini dah lama cuma baru sekarang kesampaian pas bertepatan dengan setahun usia TVOne. Ini merupakan opini pribadi gw tanpa embel2 apapun dalam artian pendapat gw bukan merupakan desakan dari subjek2 tertentu, hanya merupakan panggilan hati nurani gw bahwa inilah tipi yang dapat dijadikan sumber informasi dengan sudut pandang non-kapitalis.

Masih inget lativi? tipi yang menurut gw sangat lekat dengan unsur pornografi. dulu pas kuliah acara-acara lativi sering dijadikan bahan "diskusi" ilegal gw sama temen-temen. Bahkan gw sempat underestimate sama pergantian nama lativi menjadi TVOne. "Ah paling acaranya juga masih sama kaya dulu". Bahkan ketika gw ngabaca FS temen gw Yuyun Choiriyah trus disana dia bilang kalo dia bakal jadi jurnalis TVOne, gw cuma mikir,"ni anak ngapain...?". Dengan talenta yang dia miliki kok kerjanya di lativi (karena waktu itu gw belum terbiasa ngucapin TVOne).

Satu yang menjadi titik balik penilaian gw adalah ketika terjadi rusuh antar FPI versus Ahmadiyyah (AKKBB). Gw yang biasa nonton metrotv, sedikit terganggu dengan pemberitaan yang menurut gw sangat menyudutkan FPI. tidak ada keadilan di metrotv. Tipi apa ini??? Ahmadiyyah yang jelas-jelas sesat dan menyesatkan umat digambarkan sebagai mereka yang perlu dibela. INI JELAS SALAH! penggiringan opini publik untuk membenci FPI dan Habib Rizieq Shihab. Setelah itu gw sadar bahwa media informasi sudah diintervensi barat. Atau paling tidak mereka menjunjung akidah barat.

Lalu ketika gw mulai mencari-cari channel tipi yang menyiarkan berita laen (paling ga gw ga mau ngeliat berita FPI disudutkan) gw sampe ke channel TVOne. Dan gw ngerasa apa yang diberitakan TVOne lebih netral dibanding tipi lain. Mereka undang orang-orang yang benar-benar kompeten untuk menjawab permasalahan Ahmadiyyah. Mereka ajak Ahmadiyyah (AKKBB) untuk melakukan diskusi/debat debgan FPI/MUI.

Belum lagi setiap ada permasalahan yang akan didiskusikan, tidak jarang TVOne mengundang perwakilan dari Majelis Ulama Indonesia. Ini sangat penting agar umat islam yang awam seperti saya tau koridor-koridor yang tidak boleh dilewati batasnya oleh umat islam.

Terakhir dan yang merupakan prestasi tertinggi TVOne sampai saat ini adalah ketika TVOne menjalin kerjasama dengan Al-Jazeera menyiarkan kebiadaban israel (hanya orang bodoh bin goblok yang bilang israel ga biadab). Ketika tipi-tipi lain hanya meyiarkan "seadanya", tvone menyiarkan penuh. hampir tiap hari di TVOne selalu ada pemberitaan mengenai agresi israel. ketika tipi-tipi lain tunduk saat didepan hidungnya ditumpukin dolar, tvone dengan backsound lantang "we will not go down...." trus menyiarkan penderitaan warga palestina. Memberikan pemberitaan kepada bangsa Indonesia bahwa inilah saudara-saudara kita dibelahan sana yang saat ini sangat membutuhkan bantuan moriil dan materiil. Luar bIasa!!

Gw cuma berharap bahwa akan ada lagi tipi-tipi lain yang berani mengikuti jejak TVOne. Bukan tipi yang bisanya hanya meyudutkan umat Islam. Bukan tipi yang terdiam saat hidungnya dicokok dengan dolar amerika. Bukan itu yang kami butuhkan.

Dan untuk saat ini, sesuai dengan logo tvone, gw cuma bisa bilang;

"TVOne memang beda".

No comments:

Post a Comment